Sabtu, 19 Juli 2014

I am dyin' to love statistics

Selamat malam,
This is my 4th year in the college,
nggak terasa, saya sudah hampir berada di tahun terakhir pendidikan saya di Statistika ITS, saya sudah melakukan banyak sekali hal selama saya kuliah tiga tahun ini, dan masih banyak pula hal yang belum saya coba.
Orang bilang, statistika itu ilmu susah, semuanya pada males belajar statistika, banyak yang kaget, bahkan mewanti-wanti saya ketika saya woro-woro saya diterima di STATISTIKA ITS. (hehe..)
Well, sebenernya bukan susah, karena statistika yang mereka (mahasiswa non jurusan statistika) pelajari, cuma pelajaran klik-klik software dan interpretasi hasil, mungkin karena merasa statistika sangat jauh dari ilmunya, jadi males belajar, dan akhirnya, bakalan dianggap sulit.

Sedangkan kami (mahasiswa statistika) belajar root-nya ilmu ini, sejarahnya, filosofinya. See, sangat menarik, sangat matematis dan sangat sangat menyenangkan. Kadang, ketika sedang liburan gini, saya jadi rindu masa-masa kalkulus atau matematika statistika atau proses stokastik, itu susah, itu mata kuliah susah. tapi sangat menarik, sangat filosofis, itu nyawa statistika sebenernya. Ketiga mata kuliah itu sangat analitis, karena statistika itu dituntut untuk sangat paham terhadap data yang kita hadapi, dan untuk dapat memahami data-data tersebut, kemampuan analitis kita harus dibangun, yaa, dengan mata kuliah seperti itu.

Eiit, saya bilang I am dying to love statistics bukan karena saya selalu dapet nilai A di setiap mata pelajaran, bukan, nih, peringkat IPK saya.
Peringkat IPK semeter 6
tuh, IPK saya standar aja, cuma 3,11, peringkat 71 dari 124 orang seangkatan, lebih dari separuh terbawah. Bahkan saya harus mengulang 12 sks untuk mengejar ketertinggalan saya, untuk minimal, bisa dapet IPK 3,2 lah. Karena salah satu mata kuliah yang saya ulang adalah kalkulis lanjut 2 atau bahasa inggrisnya Advance Calculus II saya jadi inisiatif untuk beli buku kalkulus sama kalkulus lanjutnya Schaum outlines
 

Bukunya bagus, ada penjelasan sedikit, terus ada part soal beserta langkah-langkah menjawab, terus ada part soal dan jawaban tanpa langkah-langkah. Bukunya bagus, soalnya susah, tapi untung dibantu jawaban, jadi kita bisa ngerti, mana yang salah, mana yang bener,

Walaupun IPK saya pas-pasan, tapi itu tidak mengahalangi saya untuk mencintai ilmu ini, karena ilmu ini, sangat mendasar, sangat bermanfaat, sangat aplikatif dan it's your daily life. Sangat menarik mempelajari apa yang bisa kamu praktekkan setiap hari. (feeling : wonderfull). Ini passion, iya, saya yakin ini passion atau, it will be a passion. Karena orang yang punya passion tinggi terhadap sesuatu pasti jadi the best in it's way ya, tapi saya enggak, mungkin saya bilang, it will be a passion.

Well, that is it.
maybe it is late,
but,
it better than never.

Nite everyone :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar