Sabtu, 19 Juli 2014

13th ICMSS FEUI

I am glad to say that
I am one of the 24 delegates for ICMSS FEUI.

Saya senang sekali bisa berpartisipaasi di acara 13th ICMSS FEUI (Indonesia Capital Market Student Studies) uang diselenggarakan FEUI. Walaupun saya dari jurusan statistika, saya punya interest yang tinggi di bidang perekonomian, dan ini salah satu cabang bidang tersebut, yaitu capital market atau pasar modal. Bagi saya, pasar modal sangat menarik, butuh tingkat analisis yang tinggi, karena yang kita pertaruhkan uang. Jadi, how to get high gain with low risk. Sangat menarik dan menantang. Walaupun saya akhirnya peringkat 19 dari 24 peserta, well, it's ok, yang penting pengalaman yang saya dapat, dan additional view tentang ekonomi yang saya dapet dari teman-teman jurusan manajemen dan akutansi di ICMSS.
13th ICMSS FEUI
Jadi ceritanya, kita ada 5 hari di Jakarta untuk mengikuti serangkaian acara di ICMSS FEUI, hari pertama, cuma ice breaking dan perkenalan, sampe sore, malemnya persiapan karena besoknya bakalan presentasi paper analisis saham yang telah kita jabarkan dalam paper untuk selection. Hari kedua, presentasi aja, sampe sore, sekaligus ada pengantar mengenai kasus ekonomi yang harus diselesaikan tiap kelompon untuk dipresentasikan pada hari keempat. Hari ketiga, kita jalan-jalan seharian, ke IDX (Indonesia Stocks Exchange) sama JFX (Jakarta Future Exchange), I love this session, karena sangat menambah pengetahuan saya mengenai pasar modal, karena saya masih bener benar sangat newbie. plus, presentasi tentang global issue mengenai ekonomi, ada empat issue yang diberikan, Securitization, Bitcoin, Great Rotation sama, apaa satunya lupa. Kalo kelompok saya, dapet Securitization. Susah, samasekali nggak ngerti (hehe...). HAri keempat, cuma seminar aja, sebagian besar pake bahasa inggris sih. Karena saya juga kurang lancar, jadi agak belibet dengernya, but, very impressive. Hari kelima, seminar sama pengumuman pemenang. di 13th ICMSS, pemenangnya dari Sampoerna School of Bussiness, mereka emang kereen, saya sekama sama salah satu dari mereka, teman setim saya juga sekamar sama salah dua dari mereka, hehehe. Seneng pokonya, dapet temen baru yang pinteer :D

Saat presentasi
Saya akui, saya masih sangat lemadi di ekonomi, terbukti sekali dari cara kami menganalisis masalah, jauh dari rekan-rekan di ICMSS. Sebagai mahasiswa statistika, ini adalah contoh yang nyata, kalau statistika nggak bisa hidup tanpa ilmu lain, karena statistika kan cuma tools. Harus siap terima ilmu baru, ilmu di bangku perkuliahan sama sekali nggak cukup.
Here it is the dokumentation
diskusi sebelum ngumpulin ppt
diskusi sebelum presentasi
Saya pribadi, untuk mengikuti lomba ini, saya sudah ambil ancang-ancang sejak jaman mahasiswa baru, saya belajar secara otodidak, hampir dua tahun, belajar sendiri, baca artikel, berita, majalah, bahkan beli buku-buku mengenai pasar modal. Akhirnya, saya bisa jadi salah satu delegasi, disana, I feel I've accelerated. Saya ketemu banyak sekali orang yang jauh lebih mengerti mengenai ekonomi daripada saya, dan tidak ada satu orang pun yang segan berbagi ilmu, saya banyak tanya sama teman teman yang saya temui, dan mereka dengan senang hati mencerahkan pengetahuan saya.

Nice experience,
I am not patient to wait 14th ICMSS.

Morning all :D 

1 komentar:

  1. Kak papernya pakek bahasa apa? dan juga waktu presentasi pakek bahasa apa? makasi

    BalasHapus