Rabu, 14 Oktober 2015

Nozzle Head Maintaining on EPSON L210

Selamat pagi,
Semoga selalu bahagia :)

Hari ini saya coba berbagi tentang nozzle head maintaining printer EPSON L210. Hal ini karena selama ini saya menggunakan printer Canon IP2170, jadi saya agak awam dalam menggunakan printer baru saya yang EPSON ini. Disamping itu, saya juga sudah coba mencari tutorial tentang nozzle head maintaining di youtube dan bahkan langsung ke EPSON support, tapi, saya tidak menemukan button yang dimaksud.
So, saya coba untuk membuat tutorial saya sendiri.

Masalahnya adalah tinta warna tidak memproyeksikan warna dengan baik, alias mampet, jadi harus di maintining. Well..
1. Buka Contol Panel -> Hardware and Sound -> View devices and printers 
 2. Pilih Epson L210 yang di highlight kuning dengan cara klik dua kali.
 3. Selanjutnya akan muncul halaman seperti dibawah. kemudia pilih Epson Product Support dan Nozzle Check di bagian kanan
4. Klik dua kali di bagian nozzle check kemudian akan muncul pop up untuk menunggu proses selanjutnya

 5. Kamudian akan muncul pop up seperti gambar dibawah, untuk selanjutnya klik Print. Printer akan otomatis mencetak format maintenance Epson.
 6. Setelah hasil cetakan keluar, silahkan bandingkan hasil cetakan dengan gambar dibawah. Jika hasil cetakan belum clear atau garis cetakan terputus putus, maka berarti printer head anda perlu di maintenance.
selanjutnya klik Clean
7. Akan muncul pop up seperti dibawah untuk memastikan bahwa ink lock sudah dalam mode printing. Selanjutnya silahkan klik Start.
 
8. Kemudian anda akan menunggu proses maintenance dengan tampilan pop up sebagai berikut :
 9. Setelah proses maintenace selesai, akan muncul pop up sebegai berikut :
Silahkan klik Print Nozzle Check Pattern untuk kembali mendapatkan cetakan format maintenace Epson. setelah anda menekan tombol print pada gambar dibawah.
 10. Setelah itu silahkan membandingkan cetakan dengan gambar dibawah. Jika hasil cetakan menghasilkan garis yang baik dn tidak terputus-putus, maka silahkan klik finish untuk selanjutnya menggunakan printer untuk kebutuhan mencetak anda.
Sebaliknya jika hasil cetakan menghasilkan garis yang terputus-putus, maka anda harus melakukan maintenence lagi, yang artinya anda akan mengulangi proses mulai langkah ketujuh hingga kesepuluh. dengan terlebih dahulu meng-klik Clean.

Pengalaman saya melakukan maintenence adalah saya melakukan proses tersebut sebanyak 5 kali hingga mendapatkan hasil garis yang baik.
Selamat mencoba,
Happy Sharing :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar